Sabtu, 30 September 2017

Beberapa Cara Mudah Memanfaatkan Komputer tua

1. Uji Coba OS Terbaru yang Lebih Ringan

home-penguin-linux-background
Kalian suka mencoba hal baru? Melakukan instalasi OS terbaru ke PC tua akan membuat komputer tersebut terlihat fresh dan seperti baru. Ada banyak pilihan sistem operasi berbasis linuk yang bisa dicoba, misalnya yang populer adalah Ubuntu, SD, dan PinguyOS.
Walaupun OS tersebut sifatnya open-source, kita tetap bisa mendapatkan tampilan seperti wondows. Kebanyakan OS yang gratis tersebut juga sudah dilengkapi dengan jutaan paket software yang bisa digunakan. Selain itu, OS tersebut juga mampu bekerja pada hardware yang lama. Ada juga OS khusus yang dirancang untuk anak-anak seperti Qimo, DouDou, Sugar, dan Edubuntu.
Kalau mau yang lebih kekinian lagi, mungkin kalian bisa membuat Chromebook versi sendiri di rumah menggunakan PC tua. Walaupun Chrome OS ini tidak dijual dan didistribusikan secara publik, kita tetap bisa menjajal proyek 'Chrome open-source'. Cara mendapatkannya juga tidak sulit, kalian bisa download secara gratis melalui situs ArnoldTheBat.

2. Membuat Home Server Sendiri

Tonido
Home server adalah penyimpanan yang terpasang pada jaringan-jaringan kecil untuk jaringan rumah atau bisnis kecil. Home server digunakan sebagai penyimpanan file yang kemudian bisa dibagikan ke semua komputer di jaringan yang sama. Jika kalian memiliki PC lama dengan banyak ruang penyimpanan, maka cobalah untuk membuat home server sendiri.
Kita bisa membuatnya sendiri gratis menggunakan aplikasi FreeNAS. Program tersebut juga mampu berjalan pada OS apa pun, seperti Windows, MacOS, ataupun Linux. FreeNAS juga mampu mendistribusikan media ke OS Mobile seperti iOS dan Android.
Selain FreeNAS kita juga bisa menggunakan Tonido. Tonido mampu membuat PC kita menjadi home server yang dapat diakses dari mana pun. Dengan kata lain ini, sama seperti kita membuat cloud pribadi sendiri. Dengan menggunakan Tonido, kita bisa mengubah PC kita menjadi seperti situs web yang dapat diakses oleh perangkat apa pun dan di mana pun kita berada.

3. Membuat PC Anonim

TAILS Linux
Kita mungkin khawatir tentang keamanan privasi kita di internet. Ada banyak cara untuk menyembunyikan jejak saat kita mengakses web di internet, salah satunya adalah membuat PC tua kita menjadi sebuah PC Anonim. Bagaimana caranya? Kalian bisa membuat PC Anonim dengan menginstalnya menggunakan sistem operasi TAILS (The Amnestic Incognito Live System). Sistem operasi tersebut dibangun di atas Linux Debian, dan dapat dimuat menggunakan USB Flash Driver SD Card, dan DVD untuk melakukan booting komputer.
Sistem operasi ini juga kebal terhadap aplikasi spyware dan sejenisnya. Salah satu kelebihan OS ini adalah tidak akan meninggalkan jejak apa pun saat kita mengakses sistem komputer. Inilah kenapa sistem operasi TAILS disebut juga sebagai sistem operasi anti sadap.

4. Buat PC Multimedia

PC Multimedia
Jika kalian hobi menggunakan layanan streaming cobalah untuk membuat server media sendiri. Manfaatkan PC lama untuk menjadi komputer yang khusus dirancang untuk memutar audio dan video. Untuk membuatnya cukup mudah, gunakan aplikasi seperti Kodi.
Aplikasi tersebut dapat berjalan di OS seperti Windows, Linux, iOS, dan Android. Selain Kodi ada aplikasi yang menawarkan fitur yang sama seperti Plex. Semua layanan tersebut mampu menjalankan streaming pada layanan Amazon Fire TV, Apple TV, Google Chromecast, bermain game, dan lain sebagainya.

5. Buat CCTV Pribadi

Spy on People
Jika ada PC lama yang tidak lagi terpakai, cobalah memanfaatkan sebagai cctv Yang kalian butuhkan hanyalah kamera webcam dan aplikasi iSpy. Gunakan CCTV tersebut untuk memantau rumah, hewan peliharaan, dan lain-lain.

6. Akses Hotspot

unnamed
Daripada menganggur, akan lebih baik jika PC lama kalian digunakan sebagai akses hotspot untuk berbagi akses internet via WiFi. Dengan menggunakan aplikasi seperti Connectifity, kalian sudah bisa membuat hotspot sendiri di rumah tanpa harus membeli perangkat router lagi.

7. Dijadikan Kerajinan Tangan

Toys from old computer
Kalau kamu kreatif, PC lama atau bahkan yang rusak sekalipun dapat bernilai jual yang tinggi jika kamu membuatnya menjadi barang yang unik.

8. Digunakan Khusus Untuk Skype

Skype
Manfaatkan PC lama khusus untuk mengakses layanan Skype. Saat ini Skype juga sudah mendukung hampir semua sistem operasi populer, bahkan yang terbaru sekalipun.
Nah, itulah 8 cara memanfaatkan PC tua. Bagaimana menurutmu? Pernah mencoba salah satu cara di atas? Jangan lupa share pengalaman kmau ya di kolom komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERAN MAHASISWA DALAM MENSUKSESKAN PESTA DEMOKRASI

STMIK Pringsewu – Sabtu, (11/9) A. Andoyo, M.T.I (Ketua KPU Kabupaten Pringsewu) dalam acara Program Orientasi Studi Pendidikan Tinggi ...